What Can I Learn from 2020?

Talking about 2020, it is the hardest time for some people, termasuk aku. Banyak hal yang terjadi di luar harapan-harapanku dan tentunya banyak pelajaran yang aku dapatkan selama 2020 ini. I don’t expect too much that I face this kind of situations. This year I learn more about:

  • Sabr

Tahun ini cukup luar biasa buat aku. Banyak tantangan-tantangan yang harus aku hadapi dan selesaikan, Alhamdulillah. Tantangan-tantangan itu yang membuat aku mengenal dan belajar arti sabar yang sesungguhnya. 2020 mengajarkanku untuk selalu menahan diri dari rasa sedih, menahan diri untuk tidak menggerutu, menahan diri untuk tidak terburu-buru dalam doa, dan tentunya di tahun ini mengajarkanku untuk selalu tegar dalam menghadapi setiap masalah yang telah Allah berikan.

QS Al Baqarah 2: 153

“Jadikanlah sabar dan salat sebagai penolongmu. Sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang bersabar” Ayat tersebut yang selalu aku katakan setiap hari dengan diriku sendiri. Ayat tersebut membantuku menghadapi tantangan 2020 ini.

  • Bersyukur

Banyak mengeluh, banyak iri dengan kehidupan orang lain, merasa kurang dengan semua nikmat yang sudah di kasih sama Allah bahkan sering menyalahkan Allah SWT atas apa yang terjadi di hidup ini. Dasar aku.

In the end, I was in the point that I was enough exhausted for complaining constantly. I realized that what made me tired physically and mentally was my ungrateful feeling.

Setelah menyadarinya, aku mencoba untuk mengubah cara pandangku Instead of focusing on what I don’t have, it’ll be better for me focus on something what I have now. Aku berusaha untuk menanamkan pada diriku bahwa tugasku sekarang adalah menggunakan apa yang sudah aku miliki dengan baik, dengan bijak, dan dengan optimal tentunya. Dengan begitu aku bisa lebih belajar bersyukur. The key of happiness is being grateful. Bahagia itu ketika kita mampu mensyukuri nikmat yang sudah Allah SWT berikan ke kita. Jangan sampai salah, bukan dengan bahagia kita bersyukur tetapi dengan bersyukur kita bahagia.  

  • What rezqi actually is

Telling about rezqi means telling about money. Itu yang ada dipikiran banyak orang, termasuk aku pada waktu itu. Jika berbicara rezqi kita pasti akan mensangkut-pautkan dengan uang. Padahal rezqi is not only about money. It’s a big mistake if we have idea “rezqi=money”. Apa yang terjadi di 2020 ini mengajarkan apa sih arti rizq yang sebenarnya. I read one of articles that made me goosebumps, di artikel itu dikatakan bahwa Rizqi merupakan segala sesuatu yang telah Allah SWT berikan untuk kita, yang bermanfaat dan menopang kita. Misalnya, udara yang  kita hirup saat ini adalah rezqi yang telah Allah sediakan untuk kita. Begitu juga indera penglihatan yang kita gunakan untuk membaca baris ini dan juga kecerdasan yang kita gunakan untuk memahami tulisan ini. Masih banyak lagi rezqi yang telah Allah tuliskan dan sediakan untuk kita. Namun ternyata kita banyak lupanya.  

In the end I realized that Allah has given me a lot of Rizq. Alhamdulillah masih diberikan kesempatan untuk bernafas, melihat orangtua selalu sehat dan harmonis, dikelilingi temen-temen yang luar biasa baik yang mau mendengar keluh kesahku, diberikan kecukupan di semua hal. Intinya kalau kita mengartikan rizq dalam arti yang lebih luas maka kita akan menyadari berapa banyak rizq yang sudah kita punya.

  • Sincerity

Honestly this year is full of disappointment. Di tahun ini dihadapkan dengan  beberapa situasi yang cukup sulit diantaranya sesuatu yang digenggam perlahan hilang, keinginan yang tidak terwujud, dan kenyataan yang tidak sesuai dengan harapan. Semua itu cukup menghadirkan rasa kecewa yang sangat dalam.

Tetapi aku menyadari tidak mungkin aku terus menerus terjebak dengan rasa kecewa ini. Ternyata selain sabar, yang mampu membuat aku bertahan sampai hari ini adalah ikhlas. Iya, ikhlas menerima keadaan apapun yang membuat aku menyerah. Ketika keinginan tidak terwujud, tertunda bahkan tergantikan dengan sesuatu yang lain, itu semua sudah memiliki jalannya masing-masing. Bisa jadi ini akan menjadi yang terbaik buat kita. Rasa ikhlas yang akan membuat kita bisa menerima keadaan dan siap untuk melanjutkan hidup lagi. “Sejauh apapun mengejar dan berusaha jika bukan ditakdirkan untukmu, tak akan jadi milikmu”

-ash-

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web Anda dengan WordPress.com
Mulai
%d blogger menyukai ini: